h3.post-title { text-align:center; }

Rabu, 19 Desember 2018

BAB III (Transaksi Jurnal, Banking, dan Purchase)

TRANSAKSI JURNAL, BANKING DAN PURCHASE


Pencatatan transaksi jurnal umum yang biasa dilakukan pada pembukuan manual, di MYOB transaksi tersebut diinput di dalam menu Record Journal Entry.  Berikut ini langkah-langkah untuk menginput jurnal umum:
a.    Pilih Modul Account è Record Journal Entry
b.    Pilihan Tax Inclusive apabila untuk transaksi tersebut dikenakan pajak.
c.    Ketikkan tanggal pada bagian Date, format tanggal mengikuti setting komputer.
d.   Ketikkan memo yang menjelaskan transaksi tersebut.
e.    Pilih akun-akun yang diperlukan untuk menjurnal beserta nominalnya di debet/kredit.
f.     Perhatikan jurnal apakah sudah seimbang, posisi imbang ditandai dengan nominal nol (0) pada Out of Balance.
g.    Tekan Tombol Record untuk Menyimpan.


Yang dimaksud dengan transfer ke sesama kas disini adalah perpindahan harta yang terjadi masih didalam ruang lingkup perusahaan. Seperti:
a.    Perpindahan Kas yang ada di Bank kepada Kas yang ada di perusahaan.
b.    Pengisian kas kecil yang berasal dari Kas yang ada di perusahaan.
c.    Perpindahan Kas yang ada di perusahaan kepada Kas yang ada di Bank

Berikut ini langkah-langka untuk menginput menginput transfer sesama kas :
a.    Pilih Modul Account èTransfer Money
b.    Isi data seperti tampak pada gambar di bawah ini

Analisanya: Harta perusahaan tidak bertambah dan juga tidak berkurang, itu disebabkan karena adanya pengurangan dan penambahan pada jenis akun yang sama dengan nilai/harga yang sama juga, yaitu jenis akun harta. Dimana kas di Bank akan berkurang senilai Rp. 5.000.000 dan di alokasikan ke akun Kas pada perusahaan senilai Rp. 5.000.000. 

Modul ini digunakan untuk menginput transaksi pengeluaran atau pun penerimaan  dana yang tidak terkait dengan aktivitas pembelian maupun penjualan.
A.           Penerimaaan Dana
Transaksi penerimaan dana yang tidak terkait dengan aktivitas penjulan dapat diinput di Receive Money. Berikut ini langkah-langkah untuk menginput transaksi penerimaan dana:
1.    Pilih Modul Banking è Receive Money
2.    Isi data transaksi è Klik OK


B.            Pengeluaran Dana
Transaksi pengeluaran dana yang tidak terkait dengan aktivitas pembelian dapat diinput di Spend Money. Berikut ini langkah-langkah untuk menginput transaksi pengeluaran dana:
1.    Pilih Modul Banking èSpend Money
2.    Isi data transaksi è Klik OK
C.           View Transaksi Jurnal:
Berikut ini langkah-langkah untuk melihat transaksi jurnal yang telah diinput:  
1.    Pilih Modul Account èTransaksi Jurnal
2.    Pilih Tab General ètentukan Tanggal Awal dan Akhir

A.            Transaksi Pembelian Secara Kredit
Berikut ini langkah-langkah untuk menginput transaksi pembelian secara kredit:
1.    Pilih Modul Purcahse èEnter Purchase.
2.    Ubah Layout Menjadi Item èPilih Bill èSupplier PT Sinar Elektro
3.    Isi data pembelian
4.    Pengisian Term:

Keterangan fitur-fitur yg ada di Payment in Due
a. COD = Pembayaran dilakukan ketika barang diterima.
b. Prepaid = Pembayaran dilakukan ketika terjadinya transaksi.
c. In a Given # of Days = Tanggal pembayaran dan tanggal diberikannya diskon, ditetapkan mulai dari tanggal transaksi.
d. On Day of The Month = Tanggal pembayaran dan tanggal diberikannya diskon berdasarkan hari dan tanggal yang diinput dalam Discount Date dan Balance Due Date dalam bulan yang sama.
e. # of Day after EOM = Tanggal pembayaran dan tanggal diberikannya diskon berlaku pada tanggal setelah berakhirnya bulan transaksi.
f. Days of Month after EOM = Tanggal pembayaran dan tanggal diberikannya diskon berlaku setelah berakhirnya bulan transaksi, berdasarkan hari dan tanggal yang Anda tetapkan dalam Discount Date dan Balance Due Date.
5.    Jika sudah Klik OK è Klik Record

B.             Transaksi Pembelian Secara Tunai
Berikut ini langkah-langkah untuk menginput transaksi pembelian secara tunai:
1.    Pilih Modul Purcahse èEnter Purchase
2.    Ubah Layout Menjadi Item
3.    Pilih Bill
4.    Isi data pembelian
5.    Isi kolom “Paid Today” sesuai dengan “Total Amount”
6.    Klik Record
C.           Pembayaran/pelunasan hutang
Berikut ini langkah-langkah untuk menginput transaksi pembayaran hutang:
1.    Pilih Modul Purchase èPay Bill
2.    Pilih Metode Pembayaran Menggunakan Bank Mandiri èPilih Nama Supplier
3.    Masukkan nominal hutang pada kolom “Amount Applied”
4.    Jika dibayar lunas  pastikan Out of Balance bernilai Rp. 0 è Klik Record
D.           Retur Pembelian
MYOB tidak menyediakan form khusus untuk pengisian Retur Pembelian. Cara pengisiannya sama dengan Purchase biasa, hanya saja untuk kolom Received diisikan dengan angka minus.
Setiap melakukan proses retur Anda harus melakukan 2 (dua) tahap, yaitu:
1.  Mengurangkan Invoice (Qty Minus) didalam Form BILL, dan
2.  Membebankan Invoice yang minus tersebut ke invoice lainnya (Apply to Purchase) atau membebankan invoice yang minus tersebut dengan penerimaan uang tunai (Received Refund) sebagai pengembalian dana jika pembelian yang diretur tersebut asalnya adalah pembelian tunai.
a)   Retur Pembelian secara kredit
Langkah-langkah membuat retur pembelian secara kredit :
1.    Pilih Modul Purchase è Enter Purchase
2.    Pilih Layout Item dan dokumen Bill
3.    Input data dan beri tanda minus untuk jumlah barang yang diretur pada kolom Bill dan Received
4.    Klik Record untuk menyimpan transaksi! (Hanya membuat faktur retur )
Langkah-langkah proses Retur (mengurangi Utang usaha) :
1.    Klik Modul Purchase è Purchase Register
2.    Pilih Tab Returns & Debits
3.    Pilih sorot Bill yang akan diretur
4.    Klik Apply To purchase è Tampil jendela Returns & Debits
5.    Klik Mouse pada Kotak “Amount Applied” sehingga nominal akan tampil
6.  Tekan ENTER (Retur ini dikenakan diskon karena belum teratur dari hari diskon(TERMS)
7.    Klik Record untuk menyimpan
b)   Retur Pembelian secara tunai(mengembalikan uang)
Berikut ini langkah-langkah membuat Retur:
1.    Pilih Modul Purchase è Enter Purchase
2.    Pilih Layout Item dan dokumen Bill
3.    Input data dan beri tanda minus untuk jumlah barang yang diretur pada kolom Bill dan Received
4.    Klik Record untuk menyimpan transaksi
5.    Pilih Purchase Register – Pilih Tab Returns & Debits
6.    Klik Receive Refund
7.    Tampil jendela Settle Returns & Debits
8.    Isikan data sesuai gambar berikut!

UNTUK MELANJUTKAN KE BAB IV, KLIK LINK BERIKUT ;


Tidak ada komentar:

Posting Komentar